Anak Lumpuh Korban Suntik Dokter Jalani Fisioterapi

http://surabaya.detik.com/read/2007/07/19/161031/807056/475/anak-lumpuh-korban-suntik-dokter-jalani-fisioterapi

Kamis, 19/07/2007 16:10 WIB
Anak Lumpuh Korban Suntik Dokter Jalani Fisioterapi
Ryma S – detikSurabaya

Jember – Laili Faradiska Ardila (12) menjalani fisioterapi di RSUD dr Soebandi Jember, Kamis (19/07/07). Anak perempuan itu lumpuh setelah disuntik oleh dokter spesialis THT rumah sakit tersebut, Juli 2003 lalu.

Selama empat tahun Laili menjalani fisioterapi untuk merangsang syaraf-syarafnya agar berfungsi kembali. Laili menjalani fisioterapi seminggu dua kali yakni tiap hari Senin dan Kamis.

Ketika keluar dari ruangan fisioterapi terlihat Laili hanya terbujur kaku di brankar yang akan membawanya ke ambulans. Mulutnya nampak kaku dan terbuka sedikit.

Dibalik selimut yang menutupi badannya, terlihat tanggan kirinya kaku dan agak tertekuk di atas badannya. Saat dipanggil namanya, Laili mengedipkan matanya. Siti Nurhasanah, ibu Laili yang mendampingi selama menjalani fisioterapi tidak mau berkomentar tentang pengobatan anaknya.

Sementara, dokter yang merawat Laili, dr Budi Rahardjo juga tidak mau menjawab kondisi kesehatan Laili karena sedang tugas ke luar kota. “Memang dia saya tangani dan sedang menjalani fisioterapi. Tetapi untuk detailnya saya tidak bisa menjawab karena saya sedang di Jakarta,” kata Budi.

Seperti diberitakan, Laili mengalami kelumpuhan setelah mendapatkan suntikan sebelum operasi amandel 2003 silam. Setelah dua kali disuntik obat anti biaotik, tubuhnya kejang dan langsung tidak sadarkan diri.

Setelah itu tubuhnya kaku dengan organ tubuh seperti tangan dan kaki tidak bisa digerakkan. Dia hanya mampu tergolek di ranjangnya selama empat tahun ini. Dia tidak bisa meneruskan pendidikan dasarnya.

Selain Laili, Ayudyah Sasi,29 warga Kelurahan Sukorejo Kecamatan Sumbersari juga tergolek kaku di atas ranjang. Dia mengalami kelumpuhan tersebut sejak Agustus 2005 paska operasi seksio (caesar) ketika melahirkan anak keduanya di RSUD dr Soebandi Jember. Ayudyah mengalami gangguan motorik sehingga tangan dan kakunya tidak bisa digerakkan, indra pendengaran dan penglihatan juga terganggu.

Ayudyah Sasi dirawat di ruang Anggrek I (bekas kamar Laili) RSUD dr Soebandi selama dua tahun dan Selasa (17/7/2007) lalu baru dipulangkan ke rumahnya. Ayu saat ini menjalani perawatan di rumah.(mar/mar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s