DPD Surati Menkes Soal Obat Mengandung Babi

DPD Surati Menkes Soal Obat Mengandung Babi
JUMAT, 24 OKTOBER 2008 | 00:36 WIB

MEDAN, KAMIS – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sumatera Utara, Parlindungan Purba, mengatakan, pihaknya akan menyurati Menteri Kesehatan (Menkes) mengenai masalah kandungan unsur lemak babi dalam kapsul obat kapsul yang beredar di Indonesia. 
     
“Kita akan menyurati Menkes agar dalam satu atau dua hari ini agar mengeluarkan pernyataan resmi kalau kapsul obat yang beredar di Indonesia bebas dari kandungan babi,” katanya usai menggelar pertemuan tentang safety food bersama Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan dan Dinas Kesehatan Sumut di Medan, Kamis.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada seluruh daerah kabupaten/kota untuk wajib melakukan food safety di daerahnya masing-masing, termasuk melakukan pengawasan, obat dan makanan. 

“Ini sesuai dengan prinsip otonomi daerah. Dimana kabupaten/kota sudah seharusnya membuat  laboratorium sendiri untuk melakukan pengawasan obat dan makanan di daerah masing-masing,” katanya.

Kepala BBPOM Medan, Supriyanto Utomo, mengatakan, sampai sejauh ini tidak ditemukan kapsul produk dalam negeri yang mengandung lemak babi. Sementara untuk produk kapsul dari luar negeri, baru bisa masuk ke Indonesia jika ada sertifikasi halal majelis ulama dari negara asal. Bagi negara yang tidak memiliki majelis ulamanya, maka boleh impor ke Indonesia setelah memberikan hasil analisa bahan-bahan  kapsul obatnya melalui lembaga resmi. 

Begitupun, kata dia, pihaknya saat ini sedang melakukan sampling kapsul secara acak. Jika nanti ditemukan satu saja obat kapsul yang terkandung unsur lemak babi, barulah BPOM akan melakukan sampling secara total.
ABD 
Sumber : Antara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s