Vaksin BCG menyebabkan penyakit dan kematian pada bayi HIV-positif Oleh: The Kaiser Daily HIV/AIDS Report

http://spiritia.or.id/news/bacanews.php?nwno=0511

Vaksin BCG menyebabkan penyakit dan kematian pada bayi HIV-positif
Oleh: The Kaiser Daily HIV/AIDS Report

Tgl. laporan: 6 November 2007

Vaksin BCG, yang ditujukan untuk mencegah tuberkulosis (TB) pada anak di negara berkembang, dapat menyebabkan penyakit dan kematian di antara beberapa bayi HIV-positif. Hal ini dikatakan para peneliti dalam surat kabar Los Angeles Times. Temuan ini tercakup dalam laporan tentang koepidemi HIV/TB yang diterbitkan oleh Forum for Collaborative HIV Research pada 1 November 2007. Laporan ini mengatakan bahwa “manfaat yang berpotensi mencegah TB berat” pada bayi HIV-positif adalah “risiko terkait lebih kecil dibandingkan dengan penggunaan vaksin BCG.”

WHO menyarankan agar semua bayi yang sehat harus menerima vaksin BCG segera setelah lahir. Tetapi, lembaga ini mengeluarkan laporan pada Mei 2007, yang mengubah pendapatnya karena bukti menunjukkan bahwa bayi HIV-positif lebih berisiko mengembangkan penyakit BCG. Vaksin BCG berdasarkan pada rangkaian bakteri penyebab TB yang dilemahkan, yang ditemukan pada ternak. Banyak bayi yang menerima vaksin BCG ini adalah HIV-positif saat lahir dan oleh karena itu mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah. Hal ini mengakibatkan mereka rentan terhadap penyakit BCG, yang disebabkan oleh bakteri sapi ini yang ada pada vaksin.

Sebuah penelitian menemukan bahwa vaksin tersebut memiliki 75% tingkat mortalitas di antara anak dengan penyakit BCG dan 70% anak tersebut adalah HIV-positif. Hal ini dikatakan oleh Mark Cotton – rekan penulis laporan forum dan para peneliti HIV/AIDS di Universitas Stellenbosch Afrika Selatan.

Menurut Cotton, diperkirakan 400 dari setiap 100.000 bayi HIV-positif di provinsi Western Cape, Afrika Selatan menjadi sakit akibat vaksin BCG, dan belum diketahui seberapa besar masalah ini di seluruh Afrika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s