Wuih! Bocah Autis Meningkat 10 Kali Lipat

http://surabaya.detik.com/read/2008/08/09/150621/985711/466/wuih!-bocah-autis-meningkat-10-kali-lipat

Sabtu, 09/08/2008 15:06 WIB
Wuih! Bocah Autis Meningkat 10 Kali Lipat
Irawulan – detikSurabaya


Surabaya – Jumlah anak yang ditemukan terkena autis setiap tahun mengalami peningkatan. Dalam beberapa dekade terakhir, jumlahnya hampir 10 kali lipat.

Hal itu dikatakan Dr Y Handojo, Ketua Yayasan Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus AGCA Center kepada wartawan di sela-sela Festival Anak Dengan Kebutuhan Khusus di GedunG Wanita Jalan Kalibokor, Surabaya, Sabtu (9/8/2008).

“Semakin banyak. Kita tengarai setiap dekade ini jumlah anak autis meningkat,” kata Dr Y Handojo. Namun dia tidak menyebutkan berapa besar peningkatan setip tahunnya.

Autis kata Handojo bisa disembuhkan asalkan para orangtua rajin melakukan terapi. Anak-anak dengan kebutuhan khusus seperti itu kata Handojo dalam sehari minimal melakukan terapi selama 8 jam. Oleh karena itu biaya untuk anak autis sangat besar.

“Mereka berbeda dengan anak lain. Satu anak satu pendamping. Oleh sebab itu biayanya mahal,” tuturnya.

Anak yang menderita autis itu menurutnya bisa terdeteksi dari umur 1-2 tahun. Dan pada usia 1,5- 2 tahun itu paling bagus dimulai terapi. Karena pada saat usia itu kata dia percabangan otak belum lekat.

“Kalau tidak ada konflikasi atau infeksi terapi bisa dilakukan selama 2,5 – 3 tahun sudah selesai terapi untuk perilaku dasar,” jelasnya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi anak terkena autis kata dia adalah faktor polusi seperti logam berat, benturan pada kepala, infeksi kemudian ada kelainan pada usus dan vaksinasi serta faktor genetik.

“Tidak mengenal kaya atau miskin atau tinggal di daerah mana, anak bisa terkena autis,” ungkapnya.

Makanan bagi anak autis kata Handojo tidak boleh diberikan sembarangan. Hindari susu sapi dan tepung terigu. Ini bisa mempengaruhi pada emosi anak autis.

“Mengandung gluten sekitar 7 persen mereka tidak tahan. Ini berpengaruh pada emosi dan sulit mengontrol diri,” tandasnya.(wln/bdh)

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s