35 Siswa SD Keracunan Susu Murah

35 Siswa SD Keracunan Susu Murah
Sabtu, 10 Mei 2008 | 12:40 WIB

PURWOKERTO, SABTU – Sebanyak 35 siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Bancarkembar dan SD Negeri 2 Bancarkembar, Purwokerto, Sabtu (10/5), mengalami muntah dan mual setelah minum susu isi 120 mililiter yang dipasok dari Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul Sapi Perah Baturraden.

Para siswa langsung dilarikan ke Rumah Sakit DKT Wijaya Kusuma, Purwokerto. Sebanyak 10 siswa di antaranya dirawat secara intensif dan diinfus. Mereka mengaku mual dan kemudian muntah sekitar pukul 09.00, setengah jam setelah minum susu yang dibeli seharga Rp 1.000 per bungkus itu.

Arum Puspitasari (10), siswa kelas V SDN 1 Bancarkembar, mengaku, setelah meminum setengah bungkus susu dirinya mual kemudian muntah. “Perut saya langsung terasa tidak enak dan langsung muntah,” ujarnya. Ica Prianggani (9), siswa kelas IV, juga mengakui hal yang sama. Menurutnya, susu yang diminumnya terasa asam. “Rasanya tidak enak, terus bikin mual,” ucapnya.

Kepala Seksi Informasi BPPTU Baturraden Basuki mengatakan, untuk Sabtu pagi ini sebenarnya pihaknya tak hanya memasok susu ke SD Negeri 1 dan 2 Bancarkembar, melainkan juga ke tujuh SD lainnya di Kecamatan Purwokerto Utara. “Saya juga tidak tahu kenapa keluhan keracunan ini hanya muncul di SD Bancarkembar. Karena itu, nanti kami akan melihat perkembangan selanjutnya,” katanya.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Banyumas Supratini mengatakan, biaya pengobatan siswa yang mengalami keracunan akan ditanggung pemerintah. “Seluruh biaya pengobatan, pemerintah yang akan menanggungnya,” katanya.
MDN
Sumber : KOMPAS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s