Lagi, Satu Balita Meninggal Setelah Diimunisasi Polio

http://www.liputan6.com/daerah/?id=103083

08/06/2005 09:20 Polio
Lagi, Satu Balita Meninggal Setelah Diimunisasi Polio


Liputan6.com, Bandung: Kasus bayi usia di bawah lima tahun (balita) yang meninggal setelah diimunisasi polio tidak hanya terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat. Di Kabupaten Bandung, Jabar, seorang balita meninggal dunia setelah lima hari mendapat vaksin polio. Balita bernama Ahmad Fauzi ini baru berusia enam bulan.

Putra pertama pasangan Oleh dan Elis itu meninggal setelah mendapat vaksin polio saat imunisasi massal di kampungnya, Desa Wangisagara, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, 2 Juni silam [baca: Ibu Angga Menolak Anaknya Diotopsi]. Setelah Ahmad mendapat vaksin polio, menurut Elis, anaknya menderita diare disertai demam tinggi hingga akhirnya meninggal dunia. Padahal, kondisi Fauzi sebelumnya sehat.

Selama sakit, Oleh dan Elis sudah berusaha mengobati anaknya ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) setempat dan pengobatan alternatif. Namun, upaya itu tidak membuahkan hasil. Oleh dan Elis harus pasrah menerima takdir dari Yang Maha Kuasa. Sementara itu, Kepala Puskesmas Wangisagara, Irda Hasnita, mengatakan kematian Ahmad belum bisa dipastikan akibat pemberian vaksin polio.

Dari pantauan SCTV di wilayah ini, bukan Ahmad Fauzi saja yang menderita diare disertai demam tinggi setelah mendapat imunisasi polio. Angga dan Tia juga mengalami gejala yang sama. Angga, 2 tahun, anak nyonya Enah, menderita diare disertai demam dan kejang-kejang. Begitu juga yang dialami Tia, 10 bulan. Orang tua kedua balita ini mengobati anak-anaknya ke dokter hingga kondisinya membaik.(ZIZ/Patria Hidayat dan Taufik Hidayat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s