Dua Balita Koma Setelah Imunisasi

http://www.liputan6.com/daerah/?id=103329

12/06/2005 09:14 Polio
Dua Balita Koma Setelah Imunisasi


Liputan6.com, Cirebon: Kasus bocah sakit setelah diimunisasi polio kembali terjadi. Kali ini, menimpa dua anak di Cirebon, Jawa Barat. Wili bin Sarsim (2,5) dan Cahyana (4) menderita demam tinggi hingga pingsan setelah diimunisasi. Menurut Romi, ibu Wili, anaknya bahkan sempat koma. “Ditetes hari Selasa [31 Mei], Jumat [3 Juni] kejadian,” kata Romi di Rumah Sakit Umum Waled, Cirebon, Sabtu (11/6).

Senasib dengan Wili, Cahyana juga harus dirawat di RSU Waled. Kedua kaki bocah ini kini menderita lumpuh layu. Menurut orang tua Cahyana, Sohati, anaknya telah mendapat imunisasi lengkap, termasuk vaksin polio. Namun sejak umur tujuh bulan, kaki kiri Cahyana tak bisa digerakkan dan disusul dengan kaki sebelah kanan.

Kedua bocah saat ini dirawat di RSU Waled dengan biaya ditanggung Pemerintah Kabupaten Cirebon. Menurut Dokter Yogi yang merawat kedua pasien, Wili dan Cahya dibawa ke rumah sakit bukan akibat polio tapi karena telah sakit sebelumnya.

Kasus bocah jatuh sakit pascaimunisasi polio memang banyak terjadi. Satu di antaranya adalah peristiwa yang terjadi di Depok, Jawa Barat. Seorang anak bernama Nabila meninggal usai diimunisasi. Herman, ayah Nabila, menggugat Dinas Kesehatan karena dinilai bertanggung jawab atas kematian Nabila. Gugatan ini dilayangkan Herman ke Kepolisian Daerah Metro Jaya, Sabtu kemarin. Herman datang ke Mapolda Metro Jaya ditemani istrinya, Sainah, dan tim dari Lembaga Bantuan Hukum Kesehatan.

Kasus kematian Nabila mencuat setelah imunisasi polio massal pada 31 Mei silam. Setelah mendapat imunisasi, Nabila yang baru berusia sembilan bulan menderita panas, diare, dan kejang-kejang. Pihak pusat kesehatan masyarakat setempat kemudian hanya memberi Nabila dengan obat turun panas. Karena kondisi Nabila tak juga membaik, puskesmas merujuk Nabila ke Rumah Sakit Bersalin Budi Jaya, Depok, yang kemudian dirujuk lagi ke RSUD Cibinong. Karena kondisi Nabila yang semakin lemah, nyawa balita ini tak bisa diselamatkan [baca: Warga Depok Menolak Imunisasi Polio Kedua].(YAN/Tim Liputan 6 SCTV)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s