Dini Lumpuh Setelah Diimunisasi

http://www.liputan6.com/daerah/?id=104032

23/06/2005 14:57 Polio
Dini Lumpuh Setelah Diimunisasi


Liputan6.com, Tasikmalaya: Dini Nurlaeni, bayi berusia di bawah lima tahun warga Bojong Tengah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, lumpuh setelah diimunisasi pada 2002. Kedua kaki Dini bengkok serta penglihatan dan pendengarannya juga terganggu.

Saat ditemui SCTV, baru-baru ini, anak pasangan Dudu dan Susi ini hanya bisa berbaring. Menurut orang tuanya, Dini terlahir dengan kondisi normal. Penderitaan ini terjadi setelah diimunisasi saat berusia tujuh bulan. Saat itu, tubuh Dini mendadak panas disertai muntah-muntah.

Dini sempat dirawat di rumah sakit. Menurut keterangan dokter, ia terkena radang otak yang juga menyebabkan kelumpuhan. Karena kondisi ekonomi yang minim, Dini akhirnya hanya dirawat di rumah. Meski dengan pengobatan sekadarnya, Dudu dan Susi berharap buah hati mereka sembuh dan dapat bermain seperti anak-anak seusianya.

Musibah yang dialami Dini membuat orang tuanya trauma akan imunisasi. Hingga kini, anak-anak Dudu dan Susi tak pernah diimunisasi lagi. Bahkan, program imunisasi pemerintah pada 31 Mei dan 28 Juni pun ditolak.

Kejadian ikutan pascaimunisasi di Tasikmalaya bahkan telah memakan korban jiwa. Angga warga Jalan Cikalang Girang, Kecamatan Tawang, meninggal dunia dua jam setelah mendapat imunisasi polio pada 31 Mei silam. Kuat dugaan, bayi itu mengidap penyakit berat sebelum mendapat vaksin polio [baca: Ibu Angga Menolak Anaknya Diotopsi].(TOZ/Wendy Surya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s