Tanaman Obat untuk penyakit Infeksi

http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/search.php

Nama penyakit yang anda cari: infeksi

No Nama Tanaman Nama Latin Nama Lokal/Daerah
1 Daun duduk Desmodium triquetrum [L.] D.C. Genteng cangkeng, ki congcorang, potong kujang,; cen-cen (Sunda), ), daun duduk, sosor bebek, gulu walang,; Gerji,cocor bebek (Jawa). daun duduk (Sumatera); Three-flowered desmodium (Inggris).;
2 Daun Sendok Plantago mayor L. Ki urat, ceuli, c. uncal (Sunda), meloh kiloh, otot-ototan,; Sangkabuah, sangkabuah, sangkuah, sembung otot,; suri pandak (Jawa). daun urat. daun urat-urat, daun sendok,; Ekor angin, kuping menjangan (Sumatera). ; Torongoat (Minahasa). ; Che qian cao (China), ma de, xa tien (Vietnam),; Weegbree (Belanda), plantain, greater plantain, ; Broadleaf plantain, rat’s tail plantain, waybread,; White man’s foot (Inggris).;
3 Kemuning Murraya paniculata [L..] Jack. Kamuning (Sunda), kemuning, kumuning (Jawa).; Kajeni, kemuning, kemoning (Bali), kamoneng (Madura),; Kamuning (Menado, Makasar), kamoni (Bare), palopo (Bugis).; Kamuni (Bima). eseki, tanasa, kamone, kamoni (Maluku).; Jiu li xiang, yueh chu (China), Orange jessamine (Inggris).;
4 Sambiloto Andrographis paniculata Ness. Ki oray, ki peurat, takilo (Sunda). bidara, sadilata, sambilata,; takila (Jawa). pepaitan (Sumatra).; Chuan xin lian, yi jian xi, lan he lian (China), xuyen tam lien,; cong cong (Vietnam). kirata, mahatitka (India/Pakistan).; Creat, green chiretta, halviva, kariyat (Inggris).;
5 Teh Camellia sinensis [L.] Kuntze Enteh (Sunda).; Pu erh cha (China), theler (Perancis), teestrauch (Jerman),; Te (Itali), cha da India (Portugis), tea (Inggris).;
6 Boroco Celosia argentea Linn. Bayam ekor belanda, Bayam kucing, Kuntha, Baya kasubiki; Qing xiang zi (China).;
7 Bunga Matahari Helianthus annuus Linn. bungngong matahuroi, bungka matahari, purbanegara; Bunga panca matoari, bunga teleng matoari, Sungeng; kembang sarengenge, kembhang mataare, bungga ledomata; kembang sangenge, kembhang tampong are; Xiang ri kui (China).;
8 Cakar Ayam Selaginella doederleinii Hieron. Rumput solo, cemara kipas gunung; Shi shang be (China).;
9 Calingcing Oxalis corniculata Linn. Calincing (Indonesia, Jawa), Mala-mala (Maluku); Rempi, semanggen, semanggi gunung, cembicenan (Jawa); Daun asam kecil lela, semanggi (Sumatra); Cu jiang cao (China).;
10 Daun Dewa Gynura segetum (Lour.) Merr. Beluntas cina, daun dewa (Sumatra), Samsit; San qi cao (China).;
11 Jarong Achyranthes aspera Linn. Jarongan, jarong lalaki, daun sangketan, nyarang (jawa).; Sui in sui, sangko hidung (Sulawesi), ; Rai rai, dodinga (Maluku).; Dao kou cao (China).;
12 Jarak Ricinus communis Linn. Jarak, jarak jitun, kaliki (Sunda), Jarak (jawa), Kaleke (Madura),; Gloah, lulang, dulang, jarak, kalikih alang, jarag (Sumatra),; Malasai, kalalei, alale, tangang jara, peleng kaliki jera (Sulawesi); Jarak (Bali), luluk (Roti), paku penuai (Timor), Balacai (Ternate), ; Balacai tamekot (Halmahera), tetanga (Bima), luluk (Roti),; Bi ma (China).;
13 Kembang Pukul Empat Mirabilisjalapa Linn. Kembang pukul empat (Indonesia, Sumatra), ; Kembang pagi sore, bunga waktu kecil (Sumatra); Kederat, segerat, tegerat (Jawa), Kupa oras, cako raha (Maluku); Bunga-bunga paranggi, bunga-bunga parengki (Sulawesi); Pukul ampa, turaga, bodoko sina, bunga tete apa (Sulawesi); Zi Mo li (China).;
14 Kumis Kucing Orthosiphon aristatus (B1) Miq. Kumis kucing, Mamang besar (Indonesia); Kutun, mamam, bunga laba-laba (Jawa); Mao Xu Cao (China).;
15 Pecut Kuda Stachytarpheta jamaicensis (L) Vahl Pecut kuda, Jarongan, Jarong lalaki, ngadi rengga, ; remek getih, jarong, biron, sekar laru, laler mengeng,; rumjarum, ki meurit beureum.; Yu long bian (China).;
16 Pegagan Centella asiatica, (Linn), Urb. Daun kaki kuda (Indonesia), Pegaga (Ujung Pandang); Antanan gede, Antanan rambat (Sunda), Dau tungke (Bugis); Pegagan, Gagan-gagan, Rendeng, Kerok batok (Jawa); Kos tekosan ( Madura), Kori-kori (Halmahera);
17 Rumput Mutiara Hedyotis corymbosa (L.] Lamk. Rumput siku-siku, bunga telor belungkas (Indonesia); Daun mutiara, rumput mutiara (Jakarta); Katepan, urek-urek polo (Jawa), Pengka (Makasar); Shui xian cao (China).;
18 Semanggi Gunung Hydrocotyle sibthorpioides Lam. Pegagan embun, antanan beurit, a. lembut (Sunda).; Andem, katepa’n, rendeng, semanggi (jawa), Salatun; Take cena (Madura), tikim, patikim; Tian hu sui (China).;
19 Sangketan Heliotropium indicum L. Gajahan, langun, uler-uleran, sangketan, cocok bero,; Tlale gajah, tulale gajah (Jawa), Bandotan lombok,; Buntut tikus, ekor anjing, tusuk konde (Sumatera); Da wei yao (China).;
20 Tahi Kotok Tagetes erecta L. Ades, Afrikaantjes; Wan shou ju (China).;

12 comments

  1. aslm. mo tanya2 nih…

    kira2 apa aja ya obat herbal alami yang bisa dipakai buat imunostimulator bagi influenza? khususnya yang tipe A klo ada..

    trimakasih.. jzk

  2. ‘alaykumuSsalaam wa RahmatuLlah

    Cara pandang Obat alami dengan obat Kimiawi berbeda. Obat Herbal Alami bekerja dengan mempertimbangkan tubuh manusia sebagai satu kesatuan yang saling mempengaruhi. Hal ini tidak berlaku sebagaimana konsep berfikir Obat kimiawi sintetis yang mengobati satu masalah tanpa mempertimbangkan efek sampingnya pada Ziliunan sel lain yang tidak berhubungan dengan penyakit tertentu.

    Obat Herbal Alami yang bisa dipakai untuk immunostimulator / immunomodulator untuk penyakit Flu adalah (Urutan nomor mengikuti prioritas):
    1. Madu Syrup. (Untuk Energi dan bahan baku sistem imun alami. Pada saat sakit tubuh manusia menggunakan sebagian besar energi untuk mensuplai pekerjaan dan bahan baku sistem imun alami).
    2. Madu Kental. (Untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang merugikan sebab tubuh dalam keadaan rentan).
    3. Vitamin C Dosis Tinggi: Bunga Rosela, Mengkudu, Jus Jeruk, Jus Jambu Klutuk Merah. Bahan baku untuk Sistem Imun (immunomodulator) khusus semua jenis Flu.
    4. HabbatusSauda / Jinten Hitam / Nigella Sativa. Obat semua penyakit, bahan baku sistem imun.
    5. VCO. Sebagai Pengimbang HabbatusSauda, dan mampu menembus dinding virus.

    Perlu anda ketahui bahwa sampai saat ini tidak ada satupun di dunia ini obat yang dapat membunuh Virus, yang ada adalah obat yang dapat membunuh kuman. Kalaupun ada obat yang dapat membunuh virus kekuatan obat tersebut pada saat yang bersamaan dapat membunuh Manusia yang meminumnya. Anda boleh cek hal ini kepada dokter.

    WaLlahu a’lam
    Semoga bermanfaat.

  3. Web ini sangat bermanfaat sebagai “knowledge Management” Bangsa kita di bidang khasiat tanaman asli Indonesia.

    Maju terus.

  4. Terima Kasih banyak Sdr/i Putu Adnyana,
    Bangsa ini juga butuh banyak orang seperti anda yang menghargai hasil karya orang lain dan selalu memotivasi.
    Sekali lagi Terima Kasih dan Merdeka!

  5. Terima kasih karena melalui website ini, saya dapat dengan mudah mengakses info-info bermanfaat tentang khasiat obat alamiah yang ada di daerah terutama indonesia

  6. assalamualaikum ..aku mo tanya ne aku dan suami sudah cek k dokter tapi aku blm juga hamil karna rahim lemah.ada gak ramuan herbal agar rahimku kuat dan membersihkan hadangan2 agar sehat rahim dan cepat dpt keturunan.terima kasih

  7. aku sudah 2 taun ini patah tulang paha yang belum sembuh walaupun sudah 3 kali operasi belum kunjung sembuh juga,dari bekas jahitan keluar cairan yang kadang merah agak kuning tiap hari,malahan beberapa hari ini bekas jahitan dipantat yang buat masukin pen ke paha bengkak besar kalo ditekan sakit, malah 2 hari ini jahitannya yang sudah lama kering ada lubang lagi dan keluar cairan bening kayak gel….terus terang saja aku sudah trauma sama yang namanya Rumah Sakit dan juga dananya yang jelas besar bgt,aku berharap dengan menulis disini aku mendapatkan informasi yang melegakan soal sakitku ini?sudah setahun ini aku tidak pernah konsumsi obat karena takut ginjal,liver dan organ2 dalam tubuhku tambah sakit…..saat ini yang aku konsumsi hanya Klorophil dari K-Link….aku mohon bantuannya ya?kalo ada solusi kirim ke emailku ini?

    1. Maaf pak (bu) Lilik saya balas di sini. Saran saya perbanyak minum herbal yang berbasis akar-akaran, sampai anda merasa lebih baik. Mudah2an bermanfaat. Aamiin

  8. assalamu’alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh
    maaf, saya mau nanya…
    apakah daun jarong itu memiliki potensi imunomodulator terhadap infeksi (oleh bakteri dengan patogenitas rendah) ??? dimana saya bisa mendapatkan refensi tentang imunomodulator dari daun jarong??? jazakumullah khoir

  9. saya ibu RT sdh 3 thn mnikah.selang 1 bln stlh menikah sy hamil tp kndungan memasuki usia 3 bln sy kguguran.udah cba brobt mcm2,mlai dari herbal,dkter n terapi totok dan terapi medis tp toh smua hasilx nihil.sy prnah mngknsumsi herbal K-Link 2 bln lbh tp jg nihil.sy bingung harus brobat kmana? sy trauma dgn pngobatn medis,sdh trlalu bnyak antibiotik sy knsumsi,sy msh ingt wkt itu sya hrus knsumsi antibiotik slma 3,5bln tp lagi2 hsilx nihil.kalo mgkin ada saran dari pembaca tlg email sy di almt ini: juniyanti.pongturunan@yahoo.com sy bnr2 btuh info dan saran dari kalian. sy yakin siapapn kalian kalo Tuhan menghendaki sy smbuh dgn bntuan kalian,maka tdk ada yg mustahil.sblmx trma ksih buat para pembaca. God Bless

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s