Susu Kedelai Bukan Solusi Bayi Alergi Susu Sapi

http://surabaya.detik.com/read/2008/07/07/182727/968279/466/susu-kedelai-bukan-solusi-bayi-alergi-susu-sapi

Senin, 07/07/2008 18:27 WIB
Susu Kedelai Bukan Solusi Bayi Alergi Susu Sapi
Imam Wahyudiyanta – detikSurabaya


Surabaya – Banyak orang berpikir bahwa susu soya (kedelai) adalah jalan terakhir bagi bayi yang alergi terhadap susu sapi. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab bisa saja sang bayi mengalami alergi karena bayi tidak mendapat Air Susu Ibu (ASI) sebelumnya.

“Bayi yang mendapat ASI eksklusif memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami alergi,” ujar dokter spesialis anak, Dr Carlos H Lifschitz MD dalam press conference ‘The Hidden Faces of Cow’s Milk Allergy’ di Ambrosia Hall, Resto Nine Jalan Mayjen Sungkono, Senin (7/7/2008).

Dengan ASI yang jelas-jelas memiliki segala kelebihan daripada susu formula, kata Carlos, bayi bisa mendapatkan sumber nutrisi terbaik. Dan dengan nutrisi terbaik, sistem imun bayi bisa berkembang dengan lebih baik. Namun, sayangnya tidak semua bayi beruntung mendapat cukup asupan ASI sehingga sang ibu beralih ke susu sapi formula.

Sayangnya tidak semua tubuh bayi tahan dengan susu sapi. Bayi kadangkala alergi terhadap susu sapi yang ditandai dengan muntah, gatal-gatal, sakit perut, kembung, diare, konstipasi dan lain-lain setelah minum susu sapi. Carlos sendiri tidak menyarankan penggunaan susu soya dalam penanganan alergi susu sapi.

“Formula protein soya sebaiknya tidak diberikan kepada bayi yang mengalami alergi di bawah umur 6 bulan,” tambah Carlos.

Carlos sendiri menyarankan untuk menggunakan formula terhidrolisa sebagian (partially hydrolized) dan terhidrolisa penuh (extensively hydrolized) daripada pemberian susu soya. Formula tersebut merupakan formula yang mana proteinnya sudah terpotong-potong menjadi lebih pendek sehingga meminimalkan untuk terjadinya alergi.

“Yang menyebabkan alergi adalah protein di dalam susu sapi,” tutur dokter lulusan University of Buenos Aires, Argentina itu.

Carlos sendiri menjelaskan bahwa alergi susu sapi merupakan suatu keadaan yang mana sistem kekebalan tubuh seorang bayi bereaksi terhadap protein dalam susu sapi dengan menampakkan gejala-gejala tertentu.

Sistem kekebalan penderita alergi akan melawan protein yang terdapat dalam susu sapi. Sehingga timbul berbagai gejala reaksi alergi yang umumnya menyerang 3 organ tubuh yakni, kulit, saluran cerna dan saluran napas.

Orang tua dengan anaknya yang menderita alergi susu sapi perlu memonitor menu diet anak untuk memastikan tidak ada kandungan susu sapi di dalam menu sang anak, terutama bila sang anak menderita reaksi anafilaksis (anaphylactic) yakni, serangan alergi yang bersifat mendadak dan membahayakan jiwa.

Berdasarkan data dari Vandenplas Y et al Arch Dis Child 2007 92:902-908, alergi susu sapi merupakan bentuk alergi makanan yang paling sering ditemukan pada anak berusia kurang dari 2 tahun. Diperkirakan 27,5% anak pada kelompok umur ini mengalami alergi protein susu sapi.(iwd/fat)

60 comments

    1. numpang nanya dong Sis/Sir…jinten hitam itu apa? hsauda sejenis obat sirup?anak saya 14bulan..bagamana petunjuk minum utk dia?

  1. Yang saya tahu jinten hitam memang rajanya segala obat, kalau boleh saya mohon petunjuk bagaimana melakukan terapi jinten hitam untuk bayi usia 7 bulan, selama ini saya mengkonsumsi jinten instant merek royal fit, apa itu bisa diberikan untuk bayi mengingat komposisinya sudah tidak murni jinten hitam. Maaf kalau kepanjangan, terima kasih sebelum dan sesudahnya.

  2. 1. Lewat ibu menyusui. Ibu rutin minum HSauda dosis rendah. Bayi minum ASI. Insya Allah sampai ke bayi.
    2. HSauda yg sudah bercampur dengan Madu dengan dosis rendah. 1/2 sendok teh tiap 3 hari sekali.
    WaLlahu a’lam

  3. Mas/mbak….aq lht produk2 Hsauda bnyk mcmnya….yg mn ya yg untuk si bayi yg untuk penyembuhan alergi susu sapi ? Hsauda bynk mcmnya….mohon petunjuk. dan detail produknya yg mn.

  4. Yg cukup baik dengan merek Habbats. stop dulu susu sapinya selama 1 tahun insya Allah sembuh.

    Wassalaamu’alaykum
    Mas

    1. ‘alaykumussalaam

      Ibu diah yang baik.
      Telah terbukti bahwa madu sangat baik bagi bayi. Tapi madunya harus asli dan murni. Memang sulit mencari madu dengan kriteria ini. Tidak perlu khawatir, apalagi sudah mendapatkan jaminan dari Allah SWT di dalam al Qur`an.

  5. kalau susu kedelai tidak cukup baik sebagai pengganti bagi anak yang alergi susu sapi, lalu susu apakah yang sebaiknya dipakai sebagai pengganti ( tolong sebut merk )?? sedangkan anak saya mesti minum susu kan untuk mencukupi nutrisinya ..

    1. Tulisan tersebut merupakan satu pendapat. Kalau anda yakin dengan kedelai maka lanjutkan. Saya sendiri kurang memperhatikan merek2. Susu kedelai yang sering saya beli biasanya susu kedelai industri rumah tangga yang dikemas plastik sederhana di toko2 sekitar rumah. Nutrisi terlengkap ada pada spirulina atau chlorophyl. Pada spirulina ada semua vitamin kecuali vitamin c.

  6. Saya mau minta pendapat, saya Renny anak saya berumur jalan 7 bulan anak saya bisulan sembuh yg satu datng satu lagi begitulah seterusnya kenapa bisa terjadi hal itu saya jadi bingung apakah dia alergi susu ya.

  7. Saya mau minta pendapat, saya Renny anak saya berumur jalan 7 bulan anak saya bisulan sembuh yg satu datng satu lagi begitulah seterusnya kenapa bisa terjadi hal itu saya jadi bingung apakah dia alergi susu ya

    1. Bisa jadi bu, sebenarnya kelainan2 yang terjadi di kulit, merupakan mekanisme pertahanan tubuh yaitu: proses pembuangan hasil sisa-sisa pertempuran sistem pertahanan tubuh atau pembuangan kelainan2 yang terjadi di dalam darah melalui kulit.

      Saya tidak bisa memastikan apakah itu pasti alergi atau tidak, tapi menurut bahasa pengobatan alami klasik adalah darah kotor. Saran saya, ganti susu sapi dengan susu kedelai.

      WaLlahu A’lam

  8. Bisa jadi bu, sebenarnya kelainan2 yang terjadi di kulit, merupakan mekanisme pertahanan tubuh yaitu: proses pembuangan hasil sisa-sisa pertempuran sistem pertahanan tubuh atau pembuangan kelainan2 yang terjadi di dalam darah melalui kulit.

    Saya tidak bisa memastikan apakah itu pasti alergi atau tidak, tapi menurut bahasa pengobatan alami klasik adalah darah kotor. Saran saya, ganti susu sapi dengan susu kedelai.

    WaLlahu A’lam

  9. Anakku alergi susu sapi dan susu kedelai.. alerginya menyerang saluran cerna.. dia nangis terus, setelah diperiksa lab ternyata di dalam kotorannya terdapat darah samar (+).. dicoba susu hipoalergenik dan susu kedelai awalnya dia sudah tidak menangis lagi tapi keesokan harinya hasilnya sama.. sejak diganti susu neocate dia tdk menangis lg..
    Kalo alergi berat.. ibu menyusui juga harus pantang makanan yg mengandung susu sapi dan turunannya, coklat, keju, seafood, semua ikan kec ikan air tawar serta kacang2an..
    Insya Allah alerginya bs ditekan..

  10. @ Ibu Indah:
    AlhamduliLlah, terima kasih ibu, atas informasinya. Sangat berharga untuk blog imunisasi halal dan memperkaya khazanah pengetahuan dan perlunya mencari solusi terbaik untuk perkembangan anak.
    Saran saya untuk anak, minumkanlah madu, anda akan takjub dengan hasil dari resep Allah SWT.
    Minumkan madu yang dibuat seperti sirup. Masukkan sekitar 3 sendok makan madu ke dalam gelas, kemudian, tuangkan air sejuk (adem-tidak dingin-tidak panas) ke dalam gelas, aduk menggunakan sendok non stainles steel, seperti melamin, plastik atau kayu.
    Madu yang saya sarankan, Al Shifa dan Capilano, banyak dijual di minimarket atau hypermarket.
    Insya Allah…

  11. @ Elin: Syrup madu. Ganti kebiasaan minum susu dengan minum syrup madu. Sudah terbukti hasilnya luar biasa untuk anak. Saran saya, beli madu Capilano. Bisa dibeli di Giant atau carrefour.

  12. Yang paling baik adalah ASI. Masalahnya, kadang ada ibu yang ASI nya sulit keluar atau sedikit, sehingga tidak mencukupi kebutuhan sang bayi. Yang repot kalau bayi alergi susu sapi (formula), wah bener2 nguras anggaran untuk menyediakan susu kedelai. Mengingat ini bukan suatu penyakit, maka jangan kait-kaitkan dengan resep jamu/obat baik yang herbal maupun yang sintetik. Saran saya, coba ibu-ibu dan bapaknya yang kreatif cari solusi umpamanya membuat susu kedelai sendiri sesuai standar untuk bayi. Bagi yang mengetahui cara membuat susu kedelai untuk bayi agar di share… semoga bermanfaat.

  13. sudah ada alternatif tes dan terapi alergi dengan metode biofisika
    yang tidak sakit, tidak disuntik, bebas efek samping, tidak pakai obat / bahan kimia, bisa untuk semua umur dari bayi sampai manula, tidak memerlukan periode bebas alergi dan bebas obat anti alergi. informasi detilnya di http://www.bio-e.net

    bagi kalangan medis, bisa ikut pelatihan cara tes alergi metode biofisika yang kelebihannya sama seperti diatas, bisa memeriksa alergen apapun termasuk obat yang akan diresepkan ke pasien, sehingga mencegah terjadinya tuduhan ‘malpraktek’ mengurangi resiko terjadinya alergi obat pada pasien anda.

    bagi mereka yang menderita alergi, dan sudah mencoba terapi tetapi belum mendapat manfaat, silahkan mencoba metode ini. dibandingkan dengan terapi konvensional yang ada, metode ini jauh lebih cepat dan lebih ekonomis. saya sekeluarga sudah mendapat manfaat dari metode ini.

    semoga informasi ini bermanfaat.

  14. anak saya juga alergi susu sapi, selama ini menkonsumsi susu kedelai tetapi setelah mendapat info bahaya kedelai non-fermentasi dalam jangka waktu panjang, saya mencoba madu dan sari kurma, hanya saja masih bingung komposisi yg tepat utk bayi 7bln, ada yang bisa kasih saran? syukron

    1. Ibu Ummina yang budiman. Minumlah madu, dan biasakan diri kita sekeluarga untuk minum Madu. Apakah minum langsung atau berbentuk syrup. Insya Allah anak ibu akan mendapatkan kesehatan yang luar biasa. Yakinlah dengan janji Allah swt. Apalagi sudah ribuan bayi dan anak2 yang membuktikannya. ^_^

  15. anak saya minum asi ekslusif 6 bln,.stlh itu saya memberi dia makanan bubur susu (buat sendiri).stlh beberapa hari setelah makan pasti timbul bintik merah disekitar mulut.apakah itu termasuk alergi susu formula??karena anehnya bintik itu muncul dikulit kalau kulit tersebut terkena air susu dan bukan akibat minum susu formula.tolong beri saran.terimakasih

  16. anak ke-3 saya mengalami alergi susu sapi, ketahuannya sejak usia 4 bulan minum susu sapi sebagai pengganti asi yang tidak keluar. Kini usia 2,5 th masih minum susu kedelai ( soya 3 dr Nutricia ). Perkembangan fisiknya normal (berat 14 kg) dan cerdas. Apakah pemberian susu kedelai bisa dilanjutkan atau bagaimana solusinya?
    Terimakasih

  17. ass, gmn dengan penggunaan benang untuk jehitan pada luka bekas melahirkan. sya dengar, benang yang langsung menempel dikulit itu terbuat dari ari-ari kucing. Benarkah? halal/haram?

    1. Kalau darurat bisa dibenarkan (halal), sebab kalau dengan harus membuka jahitan bisa jadi terjadi infeksi yang berkelanjutan.

  18. Apakah bayi usia 1 bulan, boleh minum susu kedelai? Saya ragu dg susu sapi krn skrg bnyk kenakalan anak yg susah diatasi, spt membantah, mlwn ortu, susah diajari kesopanan dll. Mgknkah ada pgruh susu sapi, mengingat perilaku sapi.. Trims

  19. anak saya usia 3 tahun alergi susu sapi kalau bukansuatu solusi memberikan susu kedelai untuk penyelesaian anak yang alergi susu sapi susu apa yang saya berikan pada anak saya
    selain susu soya kaleng apa ada susu bubuk lain yang lbh murah untuk anak saya

    1. Insya Allah dengan rutin minum syrup madu. Caranya tuangkan madu ke dalam gelas sekitar 3 sendok makan aduk rata dengan pengaduk non stainless steel, bisa plastik, atau kayu. 3 Anak saya sukses minum madu, badannya kekar berisi dan berenergi kebal penyakit bertahun2.

  20. salam..
    saat ini saya menjual CD cara bertani kedelai yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
    dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
    terima kasih

    1. jual bibit kedelai yang DIJAMIN pasti berhasil panen dan hasil memuaskan tidak mas ? kalo cuma jual CD sepertinya seperti jualan Manual Book ? Risk on your Own alias Resiko ditanggung Pembeli, kan Penjual cuma menjual tidak menjamin he he

  21. melanjutkan pertanyaan ibu ana , anak saya berusia 3 thn dan setelah saya perhatikan dia sering kembung & ruam kulit bila sakit , banyak yg bilang anak saya alergi susu sapi , tp bila anak saya saya kasih susu soya dia tidak mau karna rasanya tdk enak. bagaimana solusi yg terbaik. apakah saya tetap minumkan susu sapi plus di tambah madu . apa bagaimana ? dan madu apa yg bagus untuk anak mengingat banyak merk madu dijual. dan merk susu apa yg bagus & murah untuk anak saya. tq

    1. Solusi mengkombinasi susu sapi plus madu sudah lebih baik. tapi tetap dicoba secara bertahap berikan susu kedelai dalam kemasan yang dijual di mini market, lama kelamaan akan terbiasa. Saya pakai madu Capilano bisa didapatkan di carrefour atau Giant.

  22. salam..
    anak sy lahirx 14 juni2010. jd udh jln 2 bln. apakah penggunaan madu ato htsaudah sdh bs untuk bayi berumur bgini..?? tolong infonya. krn bayiku tdk suka dengan susu soya, jdx ay ksh lg deh susu sapi.

  23. Anak sy 17 bln jg alergi susu sapi gejalanya baru terlihat waktu dia berumur 13 bln (berhenti ASI, sblmnya campur ASI & susu sapi)dikulitnya timbul bentol2 merah gatal. Dr menyarankan ganti susu dg susu HA bertahan selama 1,5 bl lalu berhenti krn selama pemakai susu HA BABnya jd sering dan mencret. Lalu ganti soya tapi bentol2nya muncul lagi, Apakah itu menandakan dia jg alergi susu sapi? kl diganti madu apakah gizinya tercukupi? Tq

  24. salam,
    Anak saya umurnya 16 bulan, ASI eksklusif 6 bulan, 1 bulan terakhir tidak mau di kasih asi lagi karena ibunya hamil 4 bulan. klu siang hari minum air biasa klu malam saat terbangun 4 sampai 5 kali 1 malam kami kasih susu soya habis sampai 2 botol, sekarang sih ga apa2, untuk jangka panjangnya kira2 berbahaya atau gimana? thx

  25. anak sy 5,5 bln.. dr lahir hanya minum ASI selama 2 minggu stlh itu ASI tidak keluar, disarankan DSA mengkonsumsi susu Soya karna alergi susu sapi, mohon sharingnya.. sampai kapan hrs konsumsi soya..

  26. ada produk nutrisi yang bagus, juga sangat baik untuk anak-anak, terbuat dari bahan utamanya yaitu soya jika memang susu sapi yang digunakan berakibat alergi pada anak. Dikenal dengan nama milk SHAKE. Tq

  27. anak saya berumr 2,4thn.alergi susu sapi dan makanan laut.obat apa yang harus saya beli pada anak saya. mohon bantuanya.terima kasih.

  28. ass
    anak saya sekarang usianya 4bln,dia tidak pernah sama sekali minum ASI,karena ibu nya meninggal. sekarang dia alergi susu sapi. Yang jadi pertanyaan saya, sekarang dia harus di kasih susu apa yg terbaik?

  29. mohon info dosis yg tepat utk bayi 8 bln, bb=7,5kg habatusaudah+madu?anak sy stlh 6 bln srg sakit2an, batuk pilek, gatal2 dileher,mulut jamuran (candidiasis) nafas grok2, mencret smpi sy pusing bbnya blm bisa naik.susunya sdh sy ganti soya..ternyata blm slsi.madu dijadikan syirup itu mksdnya selingan susu ato penganti susu?dosisnya bgmn utk 8 bln?trims

  30. putri saya baru berumur 20 hari dan terdiagnosa alergi susu sapi sejak lahir. ASI saya belum bisa mencukupi kebutuhannya sehingga dibantu susu HA. Bagaimana cara menanganinya?

  31. anak saya umur 11 bulan tapi di wajahnya terdapat merah-merah dan
    gatal seperti alergi..lalu kami konsultasikan pada dokter, ternyata anak kami punya keturunan alergi karena kami sebagai orang tua punya keturunan alergi..
    yangmau saya tanyakan,bagaimana mengurangi rasa gatal pada wajah anak
    saya?karena anak saya tersebut tergaggu tidurnya dan sering mimpi dan
    nangis pada malam hari..makasih

  32. ass
    mohon infonya bagaimana cara membuat takaran syrup madu untuk bayi usia 5 bulan, rencananya bayi saya mau saya kasih madu al- shifa sebgai pengganti susu sapi karena dya alergi

  33. Madu itu hanya terkandung kalori. Tidak ada protein, jadi tidak cukup hanya madu…

    Alergi pada bayi tidak akan terjadi selamanya, ini biasanya karena protein susu yg diminum masih polipeptida atau rantai panjang,protein dlm bentuk utuh, ibu2 bersabar saja, usahakan terus asi, bila memang situasi tidak memungkinkan cari susu yang protein nya sudah dipecah

    Seperti yg tertulus di artikel di atas

    Jangan sembarangan memasukan makanan pada bayi. Konsultasikan dengan dokter anak anda…

    Dokter bisa bertanggung jawab bila ada apa2 sedang yang menyuruh konsumsi ini dan itu tanpa jelas sumbernya, tidak akan ada yg bertanggung jawab

    Be wise

Leave a Reply

