Imunisasi Tambahan

http://g1s.org/hidupsehat/search/imunisasi+bcg

Imunisasi Tambahan

September 27, 2007

Masalah :

Ass.Wr.Wb.

Dokter Azhali yang terhormat.

SEJAK dulu, di SD sering diadakan imunisasi. Masalahnya sebelum masuk sekolah dasar anak telah diimunisasi, seperti halnya imunisasi campak yang menjadi salah satu program pemerintah.

Apakah pemberian imunisasi seperti itu tidak akan berakibat negatif terhadap anak yang memang sebelumnya sudah diberi imunisasi lengkap sejak bayi hingga waktu yang ditentukan? Apakah imunisasi tambahan itu akan efektif? Terima kasih atas penjelasan dokter.

Ny. Dina – Bandung

Jawaban :

Ibu Dina yang terhormat.

Campak merupakan penyakit sangat menular yang disebabkan oleh virus dengan karakteristik adanya demam, pilek, mata merah, batuk, dan timbul ruam kulit. Komplikasi yang timbul akibat campak seperti infeksi telinga, infeksi paru, diare yang bisa menjadi kronik sehingga anak menjadi kurang gizi, serta radang otak. Suatu hal yang harus dihindari pada anak kita.

Dalam pelayanan kesehatan anak, diprioritaskan agar anak tetap sehat melalui pencegahan terhadap tiap penyakit. Imunisasi merupakan salah satu upaya preventif yang mampu menekan angka kesakitan anak. Berbagai penyakit menular kejadiannya sangat menurun dengan imunisasi yang teratur dan cakupan pemberiannya luas. Jadi, imunisasi terhadap seorang anak tidak hanya melindungi anak tersebut, tetapi juga berdampak terhadap anak yang lain dengan menurunkan penyebaran penyakit infeksi. Untuk itu, saya sangat menghargai kesadaran dan kesediaan Ibu untuk terus memberikan imunisasi ulangan terhadap anaknya sebagai upaya mencegah penyakit infeksi yang berat.

Setiap anak yang dilakukan imunisasi, tidak memberikan jaminan ia akan kebal 100% terhadap penyakit tersebut. Ada beberapa anak kekebalannya belum timbul pada saat pertama kali dilakukan imunisasi campak, sehingga memiliki potensi untuk menjadi sakit dan menularkannya kepada anak lain yang daya tahan tubuhnya terhadap campak tidak optimal. Mudah-mudahan penjelasan saya cukup jelas dan saya harap Ibu dapat menularkan keyakinan Ibu kepada orang tua murid lain agar memberikan kesempatan pada anak untuk dilakukan imunisasi campak ulangan.

Prof. Dr. dr. H. Azhali, M.S., Sp. A.K.

Sumber : Pikiran Rakyat Online

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s